Tidak Jadi Keren

kucing kaget via pinterest 

Apa kalian pernah dengar tentang besarnya manfaat mengetahui faidah suatu ibadah yang hendak dijadikan kebiasaan sebagai landasan motivasional?

Jadi begini, sudah sejak dua hari lalu saya berniat datang ke acara taklim sore tadi yang mulai pada pukul 4 dan disusul setelah maghrib di masjid yang berbeda. Rasanya menyenangkan malam Ahad ini diisi oleh sesuatu yang bermanfaat. Tapi-tapi, ternyata saya harus pergi ke kos teman untuk membuat perlengkapan acara campaign besok pagi. Yaaah, alamat tidak jadi datang ke taklim.

Mengetahui hal ini, memori saya tentang pelajaran niat dalam Sahiih Bukhari dan Muslim, yang menerangkan bahwa siapa pun yang berniat melakukan kebaikan tapi tidak jadi melakukannya karena uzur tertentu; pahalanya tetap ditulis sebagaimana jika ia melakukan niat itu, pun mengudara, mengisi balon-balon monolog di atas kepala yang akhirnya membuat saya mesan-mesem sendiri.

Yo, jelas. Saya sudah ke-GR-an mengetahui niat pergi taklim saya terkena uzur dan tetap dicatat pahalanya sebagaimana jika saya benar-benar datang taklim. Gehh…

Singkat cerita, ternyata teman saya itu bersedia mengerjakan kelengkapan campaign saya. Dan melihat jam masih menunjuk angka 3 lewat 30 menit, saya pun segera pulang untuk membawa mukena dan alat tulis, lalu berangkat lagi ke tempat taklim yang ada di daerah UGM.

Saya senang bukan main. Sepanjang jalan saya senyum-senyum aneh. Membayangkan di masjid saya akan duduk mencatat dan mendengar ceramah yang sangat menyenangkan. Lebih dari itu, saya juga membayangkan pahala yang saya dapat dari datang ke dua majlis taklim.

Sesampainya di tempat tujuan, saya duduk bersisian dengan seorang yang ternyata saya kenal. Kami pun saling menyapa, dan sempat agak heboh. Tak lama, saya merasa aneh dengan pembicaraan ustadz yang memberikan kajian. Kok, tentang syirik? Perasaan tadi gue lihat posternya tentang fikih ibadah, deh. Apa ganti tema, ya?

Memberanikan diri membuka HP, saya pun menunjukkan poster kajian yang saya maksud ke Mbak Kenalan. Dia langsung bilang kalau saya salah tempat. Masjid yang saya datangi itu Masjid al-Asri, bukan Nurul Asri.

Setelah beberapa detik loading, saya akhirnya teriak lebai dalam hati. Heee?? Kok bisa?! Uwooghh…!! Dan setelah diperhatikan ternyata saya yang ceroboh. Jelas-jelas di poster itu bilang taklim ada di Masjid Nurul Asri Deresan. Kenapa saya malah datang ke Pogung? Ini pasti gara-gara saya sudah ke-GR-an dan banyak mikir soal betapa kerennya saya pergi taklim di malam Ahad. Saat membaca poster, saya jadi hanya memperhatikan kata β€˜Asri’-nya saja. Kemudian otak secara otomatis menerjemahkannya ke Masjid al-Asri Pogung, mengingat taklim kedua selepas maghrib nanti ada di Masjid Raya Pogung (MPR).

Klik!

Malam ini saya tidak jadi keren. Apalagi, kajian tauhid tadi ternyata selesai pukul 5 sore. Masih agak jauh dari waktu maghrib, dan jika menunggu di MPR sampai datang taklim kedua rasanya aneh karena saya hanya datang sendiri. Ugh, akhirnya saya memutuskan untuk pulang saja.

Pada akhirnya dua taklim yang saya niatkan datangi sejak dua hari lalu tidak ada yang saya datangi. Ha ha! Ini dia akibatnya kalau saya sok ke-GR-an dan sombong. Teman-teman jangan tiru, ya?

By the way, kabar baiknya, dari pengalaman kekurang-kerenan saya tadi, saya jadi bisa posting malam ini. Lumayan. Barangkali bisa jadi barang bully-an kalian, khi khi bercanda.

Happy weekend 😎

16 thoughts on “Tidak Jadi Keren

  1. Nah iniii… mengantar diri sendiri ke atas nampan bullyan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    Terlepas dari petualangan taklim bab “salah waktu dan lokasi” itu, Jogja memang luar biasa ya majelis ilmunya (y)

    Disukai oleh 1 orang

Coba deh dikomentarin~

